Polkadot, XRP, Cardano di antara 10 aset crypto teratas yang dipilih oleh bank – studi BIS

 Meskipun eksposur ke pasar cryptocurrency global bank masih relatif kecil, keuangan ini perlahan membuka pintu mereka ke aset digital, dengan laporan baru oleh Bank for International Settlements (BIS) mendaftar crypto paling populer di antara bank-bank yang telah melaporkan eksposur crypto.



Seperti yang terjadi, dua cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar – Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) – memimpin, dengan 31% dari eksposur aset crypto yang dilaporkan milik Bitcoin dan 22% untuk Ethereum, sesuai dengan Basel III Laporan Pemantauan oleh Komite Basel BIS untuk Pengawasan Perbankan (BCBS) diterbitkan pada 30 September.

Kripto paling populer di antara bank

Menurut laporan itu, dua kripto utama ini “menciptakan hampir 90% dari eksposur yang dilaporkan,” sedangkan aset kripto populer lainnya di antara bank termasuk Polkadot (DOT) dengan 2% dari eksposur yang dilaporkan, XRP dengan 2%, Cardano (ADA) dengan 1%, Solana (SOL) dengan 1%, Litecoin (LTC) dengan 0,4%, dan Stellar (XLM) dengan 0,4%.

Eksposur kripto di antara bank global. Sumber: Laporan

BIS The BIS menjelaskan bahwa:

“Eksposur ini kemungkinan akan diklasifikasikan sebagai aset kripto Grup 2 berdasarkan proposal konsultatif saat ini dari Komite Basel. Bank juga melaporkan, dalam jumlah yang lebih kecil, stablecoin (koin USD) dan aset yang diberi token.”


Baca Juga: Polygon (MATIC) tampaknya menuju beberapa saat yang menarik, 

Pendekatan skeptis BIS

Sebagai pengingat, BCBS telah membuat proposal pada akhir Juni untuk membatasi total eksposur bank ke “Kriptoset Grup 2 hingga 1% dari modal Tier 1” dalam dokumen konsultatifnya yang berjudul “Konsultasi kedua tentang perlakuan kehati-hatian terhadap aset kripto .” 

Pada saat yang sama, lembaga tersebut terus mengambil sikap skeptis terhadap aset digital, dengan menyatakan bahwa “tidak dapat memenuhi peran sosial uang”, serta memperingatkan bahwa penjualan crypto telah mengindikasikan terwujudnya prediksinya tentang bahaya. keuangan terdesentralisasi (DeFi).

Sementara itu, sebelumnya melaporkan temuan BIS bahwa total eksposur bank global terhadap cryptocurrency berjumlah sekitar €9,4 miliar ($9,18 miliar) atau hanya 0,01% “ketika mempertimbangkan seluruh sampel bank yang termasuk dalam latihan pemantauan Basel III.”


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hot Topic

Komunitas Ethereum memprediksi harga ETH akan melonjak lebih dari 10% pada akhir November 2022

Karena pasar cryptocurrency terus berlayar di perairan yang tenang, dengan aset utamanya mencatat volatilitas minimal, komunitas crypto bull...

Arsip Berita

counter, at the bottom of the page, in a table, div or under a menu.